Lapisan Udara atau Atmosfer



Setiap planet yang berada di semua galaxy atau tatasurya dapat dipastikan memiliki unsur molekul gas yang menyelubungi yang disebut lapisan udara. Bumi kitapun memiliki lapisan demikian yang merupakan tempat kita bernafas tempat pesawat belalulntas dan masih banyak lagi fungsinya dan hal tersebut dinamakan Lapisan Atmosfer. Atmosfer juga memiliki beberapa lapisan atau stuktur sebagai berikut.


 


1. Lapisan Troposfer

Pengertian troposfer adalah lapisan yang merupakan pusat aktivitas manusia , lapisan ini terletak tepat diatas kerak bumi lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 10 Kilometer, disini terdapat proses siklus air , petir , pelangi dan masih banyak lagi, di lapisan ini juga pusanya oksigen berkumpul dan dihirup oleh manusia untuk bernafasi.


 


2. Lapisan Stratosfer

Pengertian stratosfer adalah lapisan bumi setelah kerak bumi dan troposfer memiliki ketebalan sekkitar 10 sampai dengan 50 kilometer diatas permukaan bumi, lapisan ini sering kita sebut dengan ozon yang merupakan pelindung bumi dari bahaya sinar ultraviolet.


 


3. Lapisan Mesosfer

Pengertian mesosfer adalah lapisan bumi setelah kerak bumi, troposfer, dan stratosfer yang memiliki ketinggian sekitar 50 kilometer sampai dengan 80 kilometer diatas lapisan kerak bumi, dLapisan ini dapat memantulkan berbagai jenis gelombang elektro magnetik seperti Televisi radio dan Handphone.


 


4. Lapisan Termosfer atau Ionosfer

Pengertian termosfer adalah lapisan bumi setelah kerak bumi, troposfer, stratosfer dan mesosfer yang memiliki ketinggian 50 kilometer sampai dengan 500 kilometer dari atas kerak bumi disini merupakan pusat paparan penyaringan sinar x.


 


5. Lapisan Eksosfer

Pengertian eksosfer adalah adalah lapisan bumi setelah kerak bumi, troposfer, stratosfer, mesosfer dan eksosfer yang memiliki ketinggian lebih dari 500km diatas permukaan bumi, dan ini sudah memasuki atau tergolong dalam ruang hampa udara.